Langsung ke konten utama

Pengalaman Belanja Oleh-oleh Umroh

Saat akan menentukan budget oleh-oleh dan item apa saja yang akan dibeli, saya kebingungan karena minim sekali blog yang menginfokan hal ini. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan saya paparkan mengenai beberapa item oleh-oleh yang saya beli di sana. Sayang sekali tidak semua barang berhasil saya dokumentasikan. Walaupun begitu, semoga tulisan saya ini bermanfaat.






Nah, ini diantaranya item yang ditemui di Bin Dawood, Makkah. Bin Dawood terletak di kawasan Zamzam Tower lantai dasar.

Foto paling atas adalah aneka bumbu, kebanyakan bumbu nasi khas Arab. Ini macamnya banyak sekali. Saya pun membeli belasan buah karena menganggap ini adalah item yang tidak bisa dibeli di tanah air. Foto kedua adalah bumbu kebuli premium seharga 14 riyal dan keju la vache seharga 7,5 riyal. Dan foto ketiga adalah cokelat kerikil kemasan 225gr seharga 16 riyal.


Nah, itu struk pembayaran belanja di Bin Dawood, Makkah.




Nah, kalau foto yang diatas itu adalah item yang saya beli di Abraj Hypermarket, Makkah. Letaknya masih di kawasan Zamzam Tower lantai 4. Foto pertama sejenis permen berukuran besar-besar isi 50 buah, saya beli 4 bungkus. Dan foto kedua masing-masing saya beli 1 kardus. Harganya ada di foto ketiga ya.


Yang kerlap kerlip ini adalah oleh-oleh khusus untuk anak-anak gadis. Mereka yang rikues. Saya beli masing-masing 3 buah sesuai jumlah anak gadis. Harganya masing-masing 10 real. Ditawar 6 item jadi 50 riyal. Kalau kurang dari itu nanti dibilang bakhil lho :D Harga di Makkah dan Madinah sama. Saya beli di Madinah, toko sebelah hotel. Selama di Makkah dan Madinah ini saya cuek saja belanja keliling-keliling sendirian dengan modal bahasa Indonesia. Para pedagang pun menyebutkan harga barang dengan bahasa Indonesia, "Sepuluh Riyal".



Nah, kalo yg itu contoh aja ya. Untuk item-item ini harganya lebih murah di Makkah daripada Madinah, banyak terdapat di toko2 yang berada di Lantai Dasar Zamzam Tower. Vaselin ukuran 60 ml di Bin Dawood harganya 8 riyal. Parfum Dobha 6 ml 6 riyal dan 3 ml 3 riyal. Hena kisaran 2-3 riyal. Gantungan kunci onta 3 riyal. Tasbih digital 3 riyal. Masih banyak lagi item, tapi sayang tidak sempat terdokumentasikan.


Yang ini colokan listrik dibeli seharga 6 riyal karena colokan listrik di hotel semua untuk apple, sementara HP kami android. Lalu madu Sidr seharga 8 riyal juga kami beli di toko sebelah hotel ketika sampai Makkah karena begitu perjalanan Jakarta-Abu Dhabi, Toha mendadak demam.



Karena menginjak hari ketiga demam Toha belum juga reda, maka masuklah kami ke Farmacy sebelah hotel. Kami konsultasi pada apoteker lalu jadilah kami menyerah membeli antibiotik yang disarankan oleh apoteker. Jarang-jarang kami menyerah pada antibiotik, demi mengoptimalkan ibadah di Masjidil Haram. Setelah itu kami meminta struk pembelian antibiotik tersebut. Harganya 29 riyal. Wow mahal. Di tanah air harganya sekitar 40 ribu. Alhamdulillah 2x minum antibiotik, Toha langsung sembuh. Sayangnya antibiotik harus dihabiskan sampai 10x minum.


Sampai di Madinah, suami mulai demam. Ingin mengulangi keberhasilan pengobatan Toha, dia pun langsung minta saya belikan antibiotik. Waduh kita ga RUM amat ya :D Tapi berharap bisa mengoptimalkan sisa waktu di Madinah untuk beribadah, saya pun nurut aja membelikannya antibiotik. Saya berkeliling jalan kota Madinah di sekitar hotel untuk mencari apotik. Setelah bertanya berkali-kali akhirnya saya menemukan sebuah apotik cukup besar di jalan utama. Saya segera meminta Amoxillin. Setelah apoteker memberikan obat tersebut, saya meminta struk pembelian. Kali ini saya lebih terkaget-kaget melihat harganya 36 riyal. Mahal amat ya obat di Arab. Kalau di tanah air, harga amoxillin engga nyampe 10 ribu rupiah @_@ hehehe. Sayang kemasan obatnya sudah dibuang saat di Madinah jadi belum didokumentasikan.


Untuk berbelanja oleh-oleh berupa makanan seperti kurma, cokelat bungkus kiloan, buah tin, cokelat kerikil, kacang almond, dll... Madinah juara lah. Tapi belinya jangan di kebun kurma. Beli lah di pasar kurma atau pasar murah sekitar masjid Nabawi. Harganya setengah harga di kebun kurma lho. Kurma azwa 45 riyal per 1 kg. Kurma sukkari 25 riyal per 3,5 kg (seperti yang terlihat pada gambar di atas). Sukkari itu kurma yang lembut dan tidak terlalu manis, kurma kesukaan kami kalau beli di tanah air seharga 170 rb/kg lho. Di madinah saya beli 3 box alias 10,5 kg. Hanya 75 riyal saja. Rasanya kalau koper masih muat ingin beli lebih banyak lagi :p


Cokelat kerikil 7 riyal per 225 gr. Buah tin 15 riyal. Kacang almond 40 riyal. Kacang pistachio 55 riyal. Kacang arab 15 riyal. Cokelat bungkus kiloan 14 riyal. Murah kan... tapi itu hasil menawar harga gila-gilaan :D

Alhamdulillah tuntas juga sesi belanja-belanja saya. Dari 800 riyal yang saya budgetkan, di dompet saya masih bersisa 28 riyal :)

Komentar


  1. boleh juga nih tipsnya, semoga makin bermanfaat buat yang ingin umroh..jangan lupa untuk tetap gunakan travel umroh yang terdaftar di departemen agama agar perjalanan umroh Anda nyaman

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat foto-foto...

Foto-foto waktu jaman muda@ Kampus... Menatap Langit di atas kampus ITB Turun ke Jalan Pake Jaket Bolang Jadi Ibu Guru Rapat Naik Gunung Napak Tilas Jalan-Jalan ke UI Ketemu Tokoh Briefing..briefing.. Darma Wanita Wira Kreasi Berkarya Nge-Lap

Masuk Magister Kenotariatan UNPAD

Lama tidak menulis. Ada yang kangen dengan tulisan saya kah?? qiqiqi Satu tahun terakhir ini saya menghabiskan waktu untuk melanjutkan sekolah. Mau tau ceritanya? Let's read! Ini adalah laman yang sejak bulan Maret 2018 selalu saya intip. Di laman tersebut saya melakukan registrasi pendaftaran SMUP UNPAD, TPA,TOEFL, pengumuman kelulusan, sampai nantinya pengumuman mengenai daftar ulang dan pelunasan pembayaran SPP semester pertama. Hari-hari saya pun dihabiskan untuk memenuhi persayaratan pendaftaran yang begitu kompleks yang bikin meringis untuk melengkapinya. Foto di atas itu hanya salah satu dari sekian banyak syarat yang harus dipenuhi. Bolak balik ngurusin TPA dan TOEFL, SKCK, Legalisir Ijazah dan Transkip, Surat Keterangan Sehat dari UPT Kesehatan UNPAD, ikut bimbingan belajar, masukin syarat-syarat, bikin Proposal Tesis, serangkaian tes yang bikin nangis, sampai akhirnya melengkapi syarat daftrar ulang. Saat ujian tertulis, saya sudah putus asa. Di situ saya